Tutorial olahraga sepak bola, tutorial olahraga bulutangkis, tutorial olahraga bola basket, tutorial olahraga bola voli, tutorial olahraga sepak takraw, tutorial olahraga renang, tutorial olahraga bola tenis, dll.

Sunday, December 20, 2015

Cara Melakukan Servis Tenis Lapangan yang Baik dan Benar

Cara Melakukan Servis Tenis Lapangan yang Baik dan Benar. Tenis lapangan ternyata menjadi satu olahraga yang banyak diminati masyarakat. Perlengkapan untuk melakukan olahraga ini adalah raket, sepati, bola tenis, lapangan, dan net atau jaring. Bagi Anda yang hobi melakukan jenis olahraga ini tentu saja harus menguasai teknik dasarnya. Berbicara mengenai teknik dasar tidak terlepas dari servis yang menjadi pukulan pembuka permainan dan sebagai modal utama. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menguasai teknik servis ini. Lalu bagaimana cara melakukan servis tenis lapangan yang baik? 
http://www.tutorialolahraga.com/2015/12/cara-melakukan-servis-tenis-lapangan.html

Berikut ini beberapa cara melakukan servis tenis lapangan yang benar:
  1. Pertama kali latihlah koordinasi tangan pada saat melempar bola sebagai pembuka permainan. Lakukan lemparan bola secara konsisten, dan biasa disebut dengan toss. Toss yang baik dalam melakukan servis ditandai dengan posisi servis di depan kepala kemudian lempar bola kea rah atas. Untuk bisa melakukan servis dengan sempurna perlu melakukan beberapa latihan. 
  2. Berdiri di posisi garis belakang atau baseline dan pikirkan posisi bola yang akan Anda tempatkan. Selain posisi bola, pikirkan juga posisi kaki kiri yang berada di depan dan kaki kanan di belakang dengan posisi parallel dengan garis baseline. Ada satu perhatian bagi pemula dimana grip yang digunakan dalam melakukan servis adalah grip continental. 
  3. Setelah merasa yakin dengan posisi kaki dan arah bola, lemparkan bola ke atas dengan tinggi sekitar 20-30 cm di atas kepala. Posisi tangan yang melempar bola harus dalam posisi lurus ke atas, sebelum memukul bola Anda harus tahu bahwa berat badan bertumpu di bagian kaki belakang. 
  4. Pada saat bola melambung ke atas Anda sudah mulai mengayunkan raket ke belakang. Jangan sampai fokus mata Anda ke bola menjadi buyar, dan usahakan lihat juga tangan yang melempar bola.
  5. Setelah bola sedikit turun dan dalam jangkauan pukulan raket harus diayunkan ke arah depan. Dalam gerakan mengayunkan raket usahakan berat badan dari kaki belakang pindahkan ke kaki depan sehingga pukulan servis akan bertenaga.
  6. Setelah melakukan servis segera posisikan tubuh untuk menerima pukulan dari lawan.
Dalam melakukan servis yang terarah dan bertenaga memang dibutuhkan keuletan dalam berlatih khususnya bagi pemula. Sering melakukan latihan akan terlihat pada gaya ayunan raket dan tenaga pukulan. Dapat dikatakan bagi pemain tenis yang sedang melakukan servis dapat memberikan keuntungan karena bisa mengontrol permainan dengan arah servis yang akurat sehingga menyulitkan lawan dalam menerimnya. Setiap pemain diberi kesempatan dua kali dalam melakukan servis. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan servis atau melakukan double fault. Semoga informasi mengenai tips melakukan servis dengan benar dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Melakukan Servis Tenis Lapangan yang Baik dan Benar

0 comments:

Post a Comment