Tutorial olahraga sepak bola, tutorial olahraga bulutangkis, tutorial olahraga bola basket, tutorial olahraga bola voli, tutorial olahraga sepak takraw, tutorial olahraga renang, tutorial olahraga bola tenis, dll.

Monday, October 26, 2015

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya

Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya. Pada artikel sebelumnya sudah di ulas mengenai ukuran lapangan tenis meja beserta gambarnya. Kali ini akan di bahas topic lain yaitu mengenai teknik dasar permainan tenis meja beserta gambarnya. Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki aturan dalam bermain. Teknik bermain adalah salah satu aturan yang telah dibuat oleh organisasi yang menaungi tenis meja di dunia. Ada dua teknik utama dalam permainan tenis meja yaitu teknik memegang bet dan teknik memukul bola. Kedua teknik tersebut sangat mempengaruhi keberhasilan pemain dalam mencetak skor.
Dalam permainan tenis meja, menguasai teknik dasar bermain tenis meja sangat penting dan harus dikuasai masing-masing pemain. Untuk mempelajari teknik dasar tenis meja, langsung saja pelajari melalui penjelasan-penjelasan serta gambar berikut.

Teknik Dasar Memegang Bet (Grip)
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-permainan-tenis-meja.html
Teknik dasar memegang bet

Ada tiga teknik dasar memegang bet dalam permainan tenis meja yaitu sebagai berikut:
1. Shakehand Grip (Memegang Bet Seperti Berjabat Tangan)
Shankehand grip ditunjukan pada gambar no. 1 dan no. 2. Seperti pada gambar, tangan pemain memegang bet seolah-olah seperti berjabat tangan. Ada dua macam shakehand grip yaitu shakehand grip front dan shakehand grip back. Teknik ini banyak dipakai oleh pemain-pemain di wilayah Eropa. Shakehand grip memudahkan pemain untuk dapat menggunakan kedua sisi bet.
 
2. Penhold Grip (Memegang Bet Seperti Memegang Tangkai Pena)
Penhold Grip ditunjukan pada gambar no. 3. Penhold grip front dan No. 4 penhold grip back. Penhold Grip dikenal pula dengan Asia Grip. Pada pegangan ini hanya satu sisi bet yang dapat digunakan.
 
3. Seemiller Grip
Cara memegang bola dengan teknik Seemiller grip hampir sama dengan Shakehands Grip. Namun pada seemiller grip bet bagian atas diputar 20-90 derajat ke arah tubuh dan jari telunjuk menempel di sepanjang sisi bet. Kelebihannya adalah mudah melakukan blok. Semntara kekurangannya adalah sulit melakukan pukulan backhand dari jarak jauh, sulit melakukan pukulan sudut dan tidak efektif untuk bola bertahan.

Teknik Dasar Memukul Bola
http://www.tutorialolahraga.com/2015/10/teknik-dasar-permainan-tenis-meja.html

1. Pukulan forehand dilakukan jika bola berada disebelah kanan tubuh. Langkah melakukan pukulan ini adalah dengan merendahkan posisi tubuh. Kemudian gerakkan tangan yang memegang bet ke arah pinggang. Siku membentuk sudut kira-kira 90 derajat. Dilanjutkan dengan menggerakkan tangan kedepan tanpa merubah siku.
2. Pukulan backhand dilakukan jika bola berada disebelah kiri badan. Langkah melakukannya pertama rendahkan posisi tubuh lalu gerakkan tangan ke arah pinggang sebelah kiri dengan sudut siku sembilan puluh derajat. Kemudian, gerakkan tangan dan bet ke arah depan, pertahankan posisi siku tetap sembilan puluh derajat dan bet tetap lurus.
Demikian mengenai teknik dasar bermain tenis meja beserta gambarnya. Semoga bermanfaat. Baca juga "gambar ukuran lapangan tenis meja" dan "pengertian pingpong dan peraturannya".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Beserta Gambarnya

0 comments:

Post a Comment