Tutorial olahraga sepak bola, tutorial olahraga bulutangkis, tutorial olahraga bola basket, tutorial olahraga bola voli, tutorial olahraga sepak takraw, tutorial olahraga renang, tutorial olahraga bola tenis, dll.

Saturday, September 12, 2015

17 Peraturan Permainan Sepak Bola Resmi yang Dikeluarkan FIFA

17 Peraturan Permainan Sepak Bola Resmi yang Dikeluarkan FIFA. Sepak bola merupakan permainan yang dibentuk dengan beberapa aturan hukum yang dibuat oleh FIFA (Federation International Football Association) selaku induk organisasi sepak bola international yang berperan sebagai pengawas aktivitas sepakbola di seluruh dunia. Berikut 17 peraturan permainan sepak bola resmi yang di keluarkan FIFA:
http://tutorialolahraga1.blogspot.com/2015/09/peraturan-permainan-sepak-bola-resmi.html
1. Ukuran Lapangan Sepak Bola
FIFA telah mengeluarkan aturan mengenai sandar lapangan yang dipakai dalam pertandiangan internasional amupun nasional. Adapun ukuran lapangan yang resmi adalah memiliki panjang antara 90 – 120 Meter, lebar lapangan antara 45 – 90 meter.

2. Peraturan Penggunaan Bola
Bola yang resmi menurut FIFA adalah yang memiliki keliling tidak lebih dari 70 sentimeter dan tidak boleh kurang dari 68 cm. Ukuran bola resmi yang dikeluarkan FIFA, yaitu :

Bola ukuran 5 :
Untuk usia 12 tahun ke atas dengan ukuran keliling 68-70 cm dan berat 14-16 oz (410-450 gram).
Bola ukuran 4:
Untuk usia 8 – 12 tahun dengan lingkaran bola antara 25 -26 ins (64-66 cm) dan berat 12-13 oz (340-468 gram)
Bola ukuran 3:
Untuk usia dibawah 8 tahun dengan ukuran lingkaran bola antara 23-24 inchi ( 58-61 cm) dengan berat 11-12 oz (312-340 gram).
Bola ukuran 2 : digunakan untuk pertandingan promosi
Bula ukuran 1 : digunakan untuk pertandingan promosi

3. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola
Berdasarkan ketetaan yang dibuat FIFA, sepak bola dimainakan oleh dua tim masing-masing memiliki 11 pemain inti, termasuk goal keeper. Setiap tim hanya diperbolehkan melakukan pergantian pemain sebanyak 3 kali pergantian.

4. Peraturan Penggunaan Aksesoris
Atribut yang diperkenankan oleh FIFA untuk  dikenakan oleh pemain diantaranya :

a. Jersey
Jersey atau baju bola dibuat dari bahan sintetik yang bisa menyerap keringat pemain. Setiap tim harus mempunyai identitas timnya sendiri dan harus berbeda dari tim lainnya. Untuk warna tidak diperkenankan memakai warna yang sama dengan jersey tim lainnya.

b. Kaus kaki:
Kaos kaki menjadi aksesoris yang diwajibkan oleh FIFA sebagai pelindung kaki dar cidera. Sebuah tim harus memakai warna kaos kaki yang sama.

c. Sarung tangan :
Hanya keeper saja yang diperkenankan memakai sarung tangan. Tujuan memakai sarung tangan adalah untuk memudahkan dan melindungi tangan saat menagkap bola yang melambung snagat kuat.

d. Tutup Kepala:
Hanya diperkenankan untuk pemain yang sedang cidera di bagian kepalanya.

e. Aksesoris yang tidak boleh dipakai:
aksesoris yang tidak diperkenankan untuk dipakai selama pertandingan adalah: Anting, gelang, kalung.

5. Peraturan Mengenai Wasit
Pertandingan yang resmi adalah yang diawasi oleh wasit. Adapun syaratnya untuk seorang wasit yang ditetapkan FIFA adalah sebagai berikut:
  • Memiliki 2 asisten wasit 
  • Mampu mengawasi segala perlengkapan yangs sesuai dengan aturan FIFA 
  • Mampu mengatur jalannya pertandingan sampai selesai
  • Cepat dalam menanggapi setiap kecurangan dan pelanggaran yang dilakukan pemain

6. Asisten Wasit
Syarat menjadi assistan wasit adalah mampu menafsirkan offside, bola keluar dan tendangan sudut.

7. Durasi Permainan Sepak Bola
FIFA telah menetapkan waktu resmi permainan sepak bola. Dilakukan 2 babak dimana setiap babak berlangsung selama 45 menit. Jeda antar babak tidak lebih dari 15 menit.

8. Terjadinya Kick Off
Kick off bisa dilakukan dalam kondisi-kondisi seperti berikut:
  • Memulai pertandingan 
  • Terjadinya gol
  • Memulai babak perpanjangan waktu
  • Memulai babak kedua
9. Bola Keluar
Bola dikatakan keluar apabila bola melewati garis lapangan pertandingan atau bisa juga ketika pertandingan tiba-tiba dihentikan oleh wasit dengan alasan tertentu misalnya ada yang cedera.

10. Gol
Gol dterjadi  terjadi ketika bola masuk ke dalam jaring dengan tidak terjadi offside, bola menyentuh tangan dan atau pelanggaran. Gol juga bisa terjadi dengan dengan tendangan bebas, tendangan pinalti dan gol bunuh diri. Sah atau tidaknya gol ditentukan oleh wasit.

11. Offside
Offside terjadi jika jika pemain berada di area lawan dimana ketika bola menuju dirinya tidak ada bek lagi dan hanya berhadapan dengan kiper. Terjadinya Offside ditandai dengan bendera yang diangkat oleh asisten wasit.

12. Terjadinya Pelanggaran
Hal-hal yang diangap pelanggaran di antaranya ackle yang keras, menyentuh bola, memukul atau menjagal lawan secara sengaja, dll. Setiap pelanggaran akan dikenakan kartu peringat berwarna merah dan kuning. Kartu kuning untuk peringatan pelanggaran namun pemian masih dapat melanjutkn pertandingan, namun apabila mendapatkan kartu merah pemain harus keluar dari lapangan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan.

13. Terjadinya Tendangan Bebas
Tendangan bebas dilakukan di area tempat terjadinya pelanggarang yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Untuk tendangan bebas secara langsung diarahkan langsung ke gawang, sementara tendangan tidak langsung bola dioperkan ke timnya terlebih dahulu.

14. Terjadinya Pinalti
Pinalti dijatuhi apabila terjadi pelanggaran yang dilakuan terhadap tim lawan dalam kotak terlarang, misalnya hands ball, menjatuhkan lawan dengan sengaja atau mengepung lawan. Tendangan penalti dilakukan di depan garis gawang oleh satu orang penendang, bola berada pada posisi lingkaran tendangan pinalti dan pemain lain harus berada di luar kotak terlarang dan berada di belakang bola.

15. Lemparan kedalam
Apabila terjadi bola meninggalkan lapangan maka lemparan ke dalam akan dilakukan oleh tim lawan.

16. Tendangan Gawang
Tendangan gawang diputuskan oleh wasit apabila terjadi bola meninggalkan lapangan melalui garis gawang dan tidak masuk ke jaring.

17. Tendangan Sudut
Dilakukan di sudut lapangan karena bola keluar dari lapangan melewati garis gawang dengan ketentuan tim yang terakhir menyentuh bola tersebut yang melakukannya. Jika bola keluar kearah kanan gawang, tendangan sudut dilakukan di sudut kanan lapangan dan sebaliknya.

Demikian 17 peraturan permainan sepak bola resmi yang dikeluarkan FIFA yang harus dipatuhi oleh pemain, wasit dan orang-orang yang terlibat di dalam sebuah pertandingan sepak bola. Baca juga "macam-macam posisi pemain sepak bola beserta tugasnya" dan "teknik dasar dalam bermain sepak bola".

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 17 Peraturan Permainan Sepak Bola Resmi yang Dikeluarkan FIFA

0 comments:

Post a Comment